Tugas 1 - Pendahuluan Pengantar Komputasi Modern

Nama  : Amil Bayu Prayoga
Kelas  : 4ia24
NPM    : 50412709

A. Teori Komputasi
Komputasi adlaah algoritma yang digunakan untuk menemukan suatu cara dalam memecahkan masalah dari sebuah data input. data input disini adalah sebuah masukkan yang berasal dari luar lingkungan sistem. komputasi ini merupakan bagian dari ilmu komputer berpadu dengan ilmu matematika. secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). dalam penggunaan secara umum, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip - prinsip baru yang mendasar terhadap bidang ilmu yang mendasari teori ini. tentu saja bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang dasarnya mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. 

Komputasi Modern
hal tersebut bisa disebut sebuah konsep sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, di memory tersebut bisa juga dari memory komputer. oleh karena pada saati ini kita melakukkan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. konsep ini pertama kali di gagasi oleh Jhon Von Neumann (1903-1957). Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi : 
1. Akurasi : merupakan masalah yang paling penting dalam memecahkan masalah. 
2. Kecepatan : suatu hal penting yang dibutuhkan dengan cepat untuk mengolah suatu data
3. Problem Volume Besar (Paralel) : data yang besar tentu membutuhkan suatu cara
    penyesalaian yang khusus. dengan menggunakan metode Down Sizzing atau paralel
    komputasi untuk menangani volume yang besar. 
4. Modeling (NN dan GA) : suatu hal yang penting dalam melakukan suatu perhitungan
    yang rumit,. Bayangkan saja jika kita dihadapi dalam suatu masalah perhitungan yang
    banyak dan kompleks, tetapi tidak ada model matematika yang kita miliki. 
5. Kompleksitas (menggunakan Teori Big O) : dengan menggunakan metode big O, maka
    komputasi modern ini dapat melakukan perhitungan untuk memecahkan masalah
    kompleksitas yang kerap dihadapi. 

B. Implementasi Komputasi

1. Implementasi Komputasi pada Bidang Fisika
pada implementasi dibidang fisika ini ada Computational Physics yang mempelajari suatu gabungan antara Fisika, Komputer Sains dan Matematika Terapan untuk memberikan solusi pada "Kejadian dan masalah yang kompleks pada dunia nyata baik dengan menggunakan simulasi juga penggunaan algoritma yang tepat. pemahaman fisika pada teori, eksperimen dan komputasi haruslah sebanding, agar dihasilkan solusi numerik dan visualisasi / pemodelan yang tepat untuk memahami masalah Fisika. 

Untuk melakukan pekerjaan seperti evaluasi integral, penyelesaian persamaan differensial, penyelesaian persamaan simultan, memplot suatu fungsi/data, membuat pengembangan serta seri fungsi,menemukan akar persamaan dan bekerja dengan bilangan kompleks yang menjadi tujuan penerapan fisika komputasi. banyak perangkat lunak ataupun bahasa yang digunakan, baik MATLAB, Visual Basic, Fortran, OpenSource Physics (OSP), Labview, Mathematica, dan lain sebagainya digunakan untuk pemahaman dan pencarian solusi numerik dari masalah - masalah pada Fisika komputasi.

2. Implementasi Komputasi Modern pada Bidang Kimia
pada implementasi ini adalah Computational Chemistry yaitu penggunaan ilmu komputer untuk membantu menyelesaikan masalah kimia, sedangkan kimia komputasi biasanya digunakan ketika metode matematika dikembangkan dengan cukup baik untuk dapat digunakan dalam program komputer. musti dicatat disini kata "tepat" atau "sempurna" tidak akan muncul disini, karena sedikit sekali aspek kimia yang dapat dihitung secara tepat. hampir semua pada aspek kimia dapat digambarkan dalam skema komputasi kualitatif atau kuantitatif hampiran. 

Sumber : 
https://ariefimam2.wordpress.com/2015/08/03/implementasi-komputasi-pada-bidang-kimia/
https://panjiapriyantooo.wordpress.com/2015/03/26/komputasi-modern/
https://dwijati.wordpress.com/komputasi-modern/






0 komentar: