Web Semantic and Web Security

Web Semantic



Ya kita jarang sekali mendengar kata "Web Semantic" bagi kalangan pengguna internet newbie seperti saya ini heehehe.. disini saya akan menjabarkan apa itu web semantic, yaa web semantic itu terdiri dari kata web dan semantic, yang berarti web itu diambil dari kata WWW ( Word Wide Web) dan semantic itu sendiri berarti menjelaskan hal-hal yang dapat dimengerti.

jadi kita buat kesimpulan bahwa Semantic Web adalah suatu aplikasi berbasis web yang mempunyai pengetahuan tertentu sehingga mempunyai sifat yang lebih cerdas dan pintar dibandingkan dengan web lainnya. contoh dari web semantik itu sendiri adalah bisa merekomendasikan sesuatu kepada user sesuai dengan interest usernya masing-masing.

kata semantic itu sendiri dalam bahasa indonesia (inggris : semantics) berasal dari bahasa Yunani sema atau kata benda yang berarti "tanda atau lambang". kata kerjanya adalah semaino yang berarti "menandai atau "melambangkan". sering disebut juga dengan tanda lambang disini adalah kesatuan kaa benda (sema) itu sendiri yang dinamakan tanda lugistic (perancis : signe linguistique) seperti dikemukakan oleh Ferdinand de Saussure (1996) yaitu :
- Komponen yang mengartikan, yang berwujud bentuk bentuk bunyi pada baasa
- Komponen yang diartikan atau makna dari komponen yang pertama itu.

istilah Web Semantic itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee yaitu penemu World Wide Web (WWW). sekarang ini prinsip web semantic itu sendiri disebut akan munucl pada web 3.0 yaitu www generasi ketiga bahkan web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan web semantic. web itu menggunakan struktur bahasa atau aplikasi seperti XML, XMLS(XML Schema), RDF, RDFS(Resources Description Framework Schema) dan OWL. contoh dari web semantic itu sendiri adalah igoogle.


WEB SECURITY


Dalam web pasti kita membutuhkan yang namanya keamanan untuk web yang kita buat, oleh karena itu disini saya akan membahas tentang web security.

kebanyakan dari pemilik website mengabaikan security system web tersebut. sehingga ada oknum-oknum usil seperti para hacker/cracker yang mengacak-acak westie kita yang sudah tertata rapih. betapa pentingnya kemanan yang kita harus jaga dalam sebuah website agar user yang ingin mengunjungi website kita terhindar dari serangan-serangan yang tak terduga dan website agar tetap nyaman saat dikunjungi user yang menggunakan internet. keamanan suatu website itu sendiri merupakan prioritas yang sangat utama bagi seorang webmaster. jika seorang webmaster mengabaikan kemanan suatu website. dalam hal ini kita akan membahas terleih dahulu apa itu HACKER dan CRACKER.

Pengertian Hacker
Hacker itu sendiri muncul pada tahun 1990-an dari organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisal Massachusetts Institute of Technology(MIT). kelompok mahasiswa tersebut merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi komputer dan mereka beroperasi dengan sejumlah komputer mainframe. kata hacker itu sendiri muncul dengan arti positif untuk menyebut seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik dari yang telah dirancang bersama. contohnya :game Chrono Trigger berbahasa inggris dapat diubah menjadi bahasa indonesia, dan kerjaan lain hacker yaitu menghack akun facebook,twitter untuk kepentingan hacker itu sendiri dan merugikan user atau pemilik dari akun tersebut. Para hacker kadang-kadang melakukan penyusupan-penyusupan dengan maksud memuaskan pengetahuan dan teknik. Rata-rata perusahaan besar menggunakan yang di bidang jaringan menggunakan jasa mereka, tugasnya untuk menjaga jaringan dari kemungkinan lobang yang menjadi peluang para cracker mengobrak-abrik jaringannya. 

Pengertian Cracker
cracker itu sendiri sebutan untuk orang yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifar destruktif, biasanya di jaringan komputer tertentu, dan membawa bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface atau merubah halaman web yang diobrak-abrik olehnya. Bahkan cracker bisa mendelete data orang lain, mencuri dan melakukan cracking untuk kepentingan sendiri. dalam proses pembobolannya cracker melakukan untuk menunjukan kelemahan kemanan pada sistemnya. 

Perbedaan Hacker dan Cracker:

A. Hacker
    - hacker mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi kalangan umum
      atau banyak orang.
    - seorang hacker sangat tidak pelit dalam arti mereka sangat senang berbagi ilmunya kepada orang-orang 
      yang ingin menjadi sepertinya, atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan.

B. Cracker
    - mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan 
      menjadikannya suatu keuntungan. sebagai contoh : membuat virus, pencurian kartu kredit, kode warez,
      pembobolan rekening bank dan lain-lain. 
    - bisa berdiri sendiri atau kelompok dalam melakukan aksinya
    - mempunyai situs atau channel dalam IRC yang tersembunyi, hanya saja orang-orang tertentu yang bisa
      mengaksesnya.
    - mempunyai IP yang tidak bisa dilacak atau tersembunyi

Kesimpulan : menurut saya web semantic itu memiliki kemampuan yang dapat memahami bahasa manusia 
                    yang bukan hanya bahasa baku seperti bahasa yang terlalu kaku. dan web security itu yang 
                    berkaitan dengan kemanan pada web. oleh karena itu kita sangat penting untuk mengamankan 
                    web kita dari serangan para hacker dan cracker.



SUMBER : 
http://djavanese.wordpress.com/2011/01/08/makalah-website-security-systems/











2 komentar:

  1. bagus sih artikel nya cma tulisan nya kecil jdi agak sulit untuk dibaca , makasih ya gan info nya
    cek ke link kami cloud hosting indonesia buat ilmu aja

    BalasHapus
  2. informasi nya bagus cma tulisan nya agak diperbesar lagi supaya enak dibaca gan
    cek link kami juga it solution indonesia

    BalasHapus