About Harlem Shake

HARLEM SHAKE

Apa itu harlem shake? kenapa bisa tranding bahkan bisa booming di dunia maya kita sekarang?? ini adalah asal usul video harlem shake : http://www.youtube.com/v/8vJiSSAMNWw


Singkat tentang harlem shak, harlem itu adalah suatu nama daerah di new york, pada tahun 1981 ada seorang bernama al b (dibaca aLbee) yang sering melakukan tarian di harlem, albee ini seorang pemabuk makanya tariannya juga seperti orang pemabuk. Menurut informasi sebetulnya tarian albee ini di inspirasi oleh tarian dari negara ethiopia yang bernama eskista. Kemudian pada tahun 2001 seorang pemusik G Deep membuat suatu video musik dan di dalamnya ada suatu tarian harlem shake.



Pada tahun 2013 dimulai tanggal 30 Januari seorang vLog (video blogger, makannya suka ada huruf v didepannya) komedi filthy frank membuat suatu video dan di dalamnya ada goyangan harleem shake dengan memakai kostum yang lucu - lucu ala teletubies. kemudian beberapa orang mulailah membuat video harleem shake sejenis dengan versi kantoran, versi militer dan berbagai versi lainnya.

Biasanya video harleem shake berdurasi 30 detik dimana 15 detik pertama ada seorang bergoyang khas dengan tangan dan badan maju mundur biasanya memakai helm motor atau topeng replika dari tokoh - tokoh film atau kartun diiringi musik dengan hentakan bass dan berlirik colo terrorica kemudian berhenti sejenak lalu di 15 detik berikutnya orang - orang di belakangnya bergoyang tidak beraturan dan membuat kreasi sendiri - sendiri gerakannya selama 15 detik lagi.

Inilah beberapa daftar harleem shake yang fenomenal di youtube :
versi militer :  http://www.youtube.com/watch?v=4hpEnLtqUDg
versi kantoran : http://www.youtube.com/watch?v=0IJoKuTIvuM
versi tutorial : http://www.youtube.com/watch?v=4_cO0Y6jJoA
kompilasi : http://www.youtube.com/watch?v=MzrXSFriDmo

Berikut Dampak Negatif dan Dampak Positif Harleem Shake :

Dampak Negatif :

1. Dapat dipecat dari pekerjaanya
Kejadian yang satu ini sudah terjadi di Australia. Seorang pekerja tambang emas di Australia yang dipecat
akibat aksi membuat video Harlem Shake protes. Pekerja tersebut mengatakan, dirinya tidak lalai terhadap    keselamatan bekerja saat membuat video tersebut. Pemecatan ini dikabarkan menimbulkan pro dan kontra di    media sosial. Banyak yang mengatakan, para pekerja tersebut hanya bersenang-senang sebentar, tanpa lalai    terhadap faktor keselamatan. Tapi, bagaimanapun tarian harlem shake sudah menganggu konsentrasi    pekerjaan.

2. Mencelakakan diri sendiri.
Pesawat hampir celaka gara gara Harlem Shake.  Dilansir dari Daily Mail, pesawat yang membawa       
rombongan tim Frisbee dari Universitas Colorado ini akan menghadiri turnamen untuk merayakan Hari     Presiden. Di tengah perjalanan para penumpang memiliki ide untuk melakukan Harlem Shake saat berada di    pesawat yang sedang mengudara. Mereka melompat-lompat dan berguncang-guncang dalam pesawat,    dengan kostum lucu mereka. Salah satu penumpang mengaku mereka telah meminta izin kepada awak    pesawat untuk melakukan Harlem Shake di dalam pesawat. “Kami tidak merasa melakukan hal yang salah.    Kami sudah meminta izin dan mereka mengatakan ini aman,” ujarnya. Walaupun mereka sudah minta izin    dahulu, tapi hal tersebut dapat mencelakaan pesawat.

3. Merusak Keimanan Kita.    
Orang kafir sengaja membuat tarian Harlem Shake untuk mengalahkan kita dengan diam diam. Mereka sudah    mencuci otak kita dan memenuhi otak kita dengan tarian khas mereka. 

  Sesuai dengan ayat al qur'an berikut :
    وَالَّذِينَ كَفَرُوا أَعْمَالُهُمْ كَسَرَابٍ بِقِيعَةٍ يَحْسَبُهُ الظَّمْآنُ مَاءً حَتَّى إِذَا جَاءَهُ لَمْ يَجِدْهُ شَيْئًا
“Dan orang-orang yang kafir amal-amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu dia tidak mendapatinya sesuatu apa pun.” (QS An-Nur 39)

Apa Hubunganya dengan tarian harlem Shake ?? Ayat tersebut jelas menyebutkan bahwa amalan orang kafir laksana fatamorgama. Lalu mengapa kita tetap mendekatinya ??

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَتَتَّبِعُنَّ سَنَنَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ شِبْرًا بِشِبْرٍ وَذِرَاعًا بِذِرَاعٍ حَتَّى لَوْ دَخَلُوا فِي جُحْرِ ضَبٍّ لَاتَّبَعْتُمُوهُمْ قُلْنَا
يَا رَسُولَ اللَّهِ آلْيَهُودَ وَالنَّصَارَى قَالَ فَمَنْ
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sungguh, kalian benar-benar akan mengikuti tradisi/kebiasaan orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta, sehingga sekiranya mereka masuk ke dalam lubang biawak-pun kalian pasti akan mengikuti mereka.” Kami bertanya; “Wahai Rasulullah, apakah mereka itu kaum Yahudi dan Nasrani?” Beliau menjawab: “Siapa lagi kalau bukan mereka.” (MUSLIM – 4822)

4. Mendukung upaya memurtadkan Islam.
Nah... ini yang paling bahaya... Dari Tarian Harlem shake kita perlahan akan meninggalkan ibadah ibadah dan    akhirnya kita murtad karena keimanan kita semakin sedikit.

وَلَنْ تَرْضَى عَنْكَ الْيَهُودُ وَلا النَّصَارَى حَتَّى تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ
”Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka.” (QS Al-Baqarah 120)

Dampak Positif

Harlem Shake Merupakan Gerakan dance atau tarian yang tidak mengikuti koreografi, tidak ada  patokkan khusus di dalam Gerakan nya. Jadi Semua orang bisa melakukan harlem shake tanpa perlu latihan.


  •  Dapat Menghilangkan Strees sang Pelaku, dengan gerakan yang tidak karuan dapat meluapkan emosi yang terpendam pada diri kita, jadi secara otomatis kita dapat menyalurkan kekesalan kita lewat gerakan harlem Shake tersebut.
  •  Dapat Meningkatkan Hubungan Silaturahmi antar pelaku nya , dapat mempererat tali persaudaraan antar manusia.
 Sumber :

http://hanifadzkiy.blogspot.com/2013/03/sisi-negatif-harlem-shake.html
http://www.toyota-nav1.com/2013/02/apa-harleem-shake-dan-sejarah-nya.html



0 komentar: