Tugas 1 ( Pengantar Bisnis Informatika ) SEO - Search Engine Optimization

Nama            : Amil Bayu Prayoga
Kelas            : 4ia24
NPM             : 50412709 
Mata Kuliah  : Pengantar Bisnis Informatika





SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs website atau blog kita berada pada halaman/posisi utama atau pertama di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, Yahoo dan lain-lain. pengertian luasnya yaitu mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman wesite/blog agar berada di posisi awal di satu search engine dengan kata kunci yang ditarget.

Sejarah SEO
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci ( keyword ).

Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas. 

Keuntungan melakukan SEO
Banyak sekali keuntungan dari melakukan SEO ini, antara lain : 

1. Meningkatkan Penjualan
jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti tokopedia.co.id yang menjual aneka barang seperti baju, handphone, laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword "jual handphone murah" kemudia situs tersebut rangking 1, maka sudah 97% tokopedia.co.id akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

2. Mendatangkan Traffic yang Banyak
kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner

3. Meningkatkan Daya Saing
Mudah saja untuk mendapatkan keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi. 

4. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis 
Brand Awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah merek. semakin terkenal sebuah merek pada niche tertentu maka kemungkinan intesitas penjualan juga akan semakin besar. sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan Brand Awareness sebuah bisnis. salah satunya adalah dengan optimasi website di mesin pencari (SEO). Ketika pengguna internet mencari informasi yang berhubungan dengan niche Anda melalui Google dan menemukan informasi bermanfaat di website anda maka kemungkinan besar mereka akan mengingat halaman website yang memberikan informasi berharga tersebut, yaitu website anda. semakin banyak orang membuka website anda dari mesin pencari maka merk bisnis anda juga secara otomatis akan semakin terkenal, setidaknya dikalangan para pengguna internet. 

5. Mendapatkan Data Customer Anda dengan Gratis
Banyak pengusaha online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media periklanan dengan tujuan untuk mendapatkan data kontak ( email, nomor ponsel, alamat dan berbagai macam lainnya ) calon customer ataupun pelanggan setia bisnis mereka. apa manfaat data kontak ini? dengan mengetahui data calon customer maka akan lebih mudah untuk menghubungi mereka ketika kita mengeluarkan produk baru atau ingin memberikan penawaran promosi khusus untuk menjual produk lama. intinya kita bisa tetap terhubung dengan customer setiap saat ketika kita ingin menawarkan produk. Bila website anda berada pada posisi teratas di mesin pencari maka akan lebih mudah untuk mendapatkan data customer tersebut. tentunya kita membutuhkan layanan lain untuk menyimpan data base customer tersebut, misalnya layanan autoresponder untuk membangun email list customer kita.  


Kegiatan - kegiatan yang dilakukan dalam SEO
Dalam strategi SEO ada dua hal penting yang harus dikerjakan oleh seorang internet marketer, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. mari kita bahas satu persatu, berikut : 

1. SEO On Page
adalah sebuah upaya optimasi website yang dilakukan dari sisi website itu sendiri. dengan kata lain, upaya optimasi yang dilakukan oleh seorang pemilik website/ webmaster dengan mendesign website yang SEO Friendly. beberapa elemen penting nya antara lain sebagai berikut : 

> Riset Keyword untuk menemukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang paling relevan dengan
   niche website yang akan dibuat.
> Membangun website dengan struktur yang baik, tampilan menarik dan loading website-nya cepat
> Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
> Menambahkan description yang relevan dengan website 
> Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens
> Mengatur URL ( permalinks ) yang SEO friendly
> Menggunakan Heading dengan baik
> Mengatur navigasi website sebaik mungkin
> Membangun internal links
> Menambahkan keywords pada penamaan gambar / image

2. SEO Off Page
adalah upaya optimasi website yang dilakukan dari luar website yang dibangun. sebuah halaman website yang SEO On Page nya sudah bagus perlu didukung dengan optimasi dari luar website itu sendiri. optimasi off page dilakukan dengan cara membangun links ( backlinks ) dari situs lain menuju website yang dioptimasi. beberapa jenis links yang biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas sebuah website di internet antara lain : 

> Links dari media sosial ( Facebook, Twitter, Google+, dan lain-lain )
> Links dari forum online ( kaskus, bersosial, detik.com, kompas dan lain-lain )
Links dari situs sosial bookmark ( lintas.me, diigo.com, folkd,com dan lain-lain)


Contoh SEO 
Misalnya anda memiliki situs web travel umroh dan tour muslim bernama www.denahajiumroh.com , disitus tersebut ada paket-paket haji, umroh, dan tour muslim untuk tahun 2015 yang anda pasarkan. maka dengan melakukan SEO atau optimisasi mesin pencari yang baik dan benar, ketika ada yang mencari umroh untuk tahun 2015 atau paket tour muslim yang tersedia di tahun 2015 (dengan bantuan mesin pencari web misalnya Google ), situs web anda akan berada di halaman pertama daftar hasil pencarian mesin pencari. semakin baik peringkat di halaman pertama itu, semakin baik.  

Setelah situs anda tersebut sukses di SEO kan, berikut inilah tampilan layar ketika pengguna internet mengetikkan umroh 2015 di mesin pencari Google. 




Dan berikut ini tampilan layar ( hasil halaman search engine result page/SERP ) ketika pengguna internet mengetikkan tour muslim 2015 di mesin pencari Google.




Begitulah ilustrasi aktifitas SEO yang tepat sasaran. Situs anda akan mudah ditemukan oleh calon konsumen produk-produk, jasa-jasa, informasi perusahaan anda, organisasi anda, ataupun yang akan anda tawarkan kepada para audience / pengguna internet yang membutuhkannya (target pasar anda). 

Kesimpulan diatas adalah jadi jika kita mempunyai suatu blog atau website yang ingin dipasarkan karena didalamnya terdapat berbagai informasi atau berbagai macam produk yang anda jual maka salah satu nya adalah dengan cara memakai teknik SEO, teknik tersebut berupa strategi agar blog atau website kita banyak pengunjung sehingga blog atau website kita akan tetap hidup atau eksis. teknik ini berkaitan langsung dengan pengaplikasiannya dan membutuhkan teknik tertentu.

Selesai sudah penjelasan SEO, semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi anda yang ingin menjalankan bisnis online. Terima Kasih

SUMBER : 
http://semseomanagement.com/apa-itu-seo/
http://www.rudinazar.com/apa-itu-seo/
https://www.maxmanroe.com/apa-itu-seo-apa-manfaat-search-engine-optimization-bagi-sebuah-bisnis.html








1 komentar: