TUGAS SOFTSKILL 1 - PENGANTAR TEKNOLOGI GAME

Nama : Amil Bayu Prayoga
NPM  : 50412709
Kelas  : 3ia24


Pengantar Teknologi Game 




Definisi Game
Di zaman yang canggih seperti sekarang ini kita banyak sekali menemukan hal hal yang sangat modern diantaranya banyak sekali jenis jenis game yang canggih saat ini. disini saya sendiri adalah seorang gamer, dulunya saya sangat menyukai game hingga saya waktu dulu itu pernah sangat sangat menjadi maniak game. dimana saya sedang berpergian saya selalu membawa game console seperti gameboot (karna dulu tidak secanggih sekarang) hehehe. dan saya juga pernah punya game konsole lainnya seperti playstastion yang dimana saat ini masih ada dan teknologinya sudah canggih. disini pun sangat penting bagi orang tua untuk anak - anaknya yang suka bermain game yaitu dengan beberapa syarat dan "perjanjian" tertentu yang harus ditaati oleh sang anak. menurut tokoh - tokoh terkenal arti dari sebuah game seperti berikut : 

*Samuel Henry
game merupakan bagian tak terpisahkan dari keseharian anak, sedangkan sebagian orang tua menuding game sebagai penyebab nailai anak turun, anak tak mampu bersosialisasi dan tindakan kekerasan yang dilakukan anak.

*Fauzi A
game merupakan bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai penyegar pikiran dari rasa penat yang disebabkan oleh aktivitas dan rutinitas kita.

*Andik Susilo 
game adalah salah satu candu yang susah dihilangkan, bahkan ada yang mengaatakan bahwa candu game online setara dengan narkoba.

*Albert Einstein
game adalah bentuk investasi paling tinggi

*menurut saya sendiri
game adalah sesuatu yang merupakan bagian dari hidup seseorang, dimana seorang bisa melupakan kegiatan yang melelahkan dan memusingkan ia bisa menghibur dirinya dengan bermain game. bahkan seseorang ketika sedang sakit dengan bermain game ia bisa dengan sendirinya sembuh dari penyakitnya karna ada zat zat dalam tubuh yang muncul ketika rasa senang dalam bermain game dan itu pun dilakukan dengan teman - teman sebayanya, dia bisa dikategorikan hiburan yang sangat menarik dan mengasah otak kita.


Perkembangan Game
Dalam sejarah manusia, game selalu ada dan terus diminati oleh berbagai kalangan di segala usia. game itu sendiri sudah ada sejak beribu-ribu tahun yang lalu dalam bentuk permainan tradisional. di berbagai negara, terdapat permainan tradisional tersendiri sesuai dengan budaya masing - masing negara. sejarah game itu sendiri terbagi menjadi 3 tipe yaitu : game secara umum, sejarah game PC, dan sejarah game smartphone. 

1. Game Generasi ke 1
generasi ini ditandai dengan lahirnya konsol game Magnavox Odyssey pada Agustus 1972. konsol ini diciptakan oleh perusahaan Magnavox atas dasar pemikiran dari Ralph Baer. Odyssey memiliki ciri khas hanya mengeluarkan suara "pong". karena hal ini lah, muncul game bernama pong yang bernuansa hitam dengan garis putih-putih. selain itu, terdapat 27 game yang bisa dimainkan. konsol yang digunakan pada masa itu masih merupakan konsol analog. berkut gambaran game nya : 




2. Game Generasi ke 2
pada generasi ini, sudah mulai muncul game dengan tipe 8 bit. generasi ini muncul di tahun 1976-1982. ketika itu, sudah banyak konsol game yang bermunculan, tidak hanya Magnavox saja. beberapa diantaranya adalah Fairchild Channel F dan Radofin 1292. pada zaman ini, atari menjadi penguasa konsol game pada tahun 1982 dengan menerbitkan Atari 5200. saat itu, Space Invaders menjadi game paling fenomenal. gambaran game space invaders seperti berikut : 




3. Game Generasi ke 3
Nah pada generasi ini, perusahaan game Atari sudah mulai tersingkirkan dengan konsol keluaran Famicom yang akhirnya lebih dikenal dengan nama Nitendo Entertainment System (NES). walaupun generasi ke dua sudah menggunakan prosessor 8-bit, namun istilah "bit" baru dikenal pada konsol di era ini. selain itu, juga mulai dikenalkan game dengan grafis 16-bit, seperti The Border Lands, Super Mario Bros 2, dan Mortal Kombat. pada generasi ini, super mario bros dimiliki Nitendo yang bersaing ketat dengan Sonic The Hedgehog milik sega. contoh gambaran sonic the hedgehog : 



4. Game Generasi 1988-Sekarang
Pada tahun 1988 ketika itu, Nitendo dan Sega saling beraing satu sama lain dalam hal konsol game. ditahun 1988 Sega meluncurkan Sega Mega Drive atau disebut Sega Genesis. tampilan grafis pada konsol ini lebih halus dari NES. namun, penjualan NES masih dalam keadaan sedang tinggi-tingginya. akhirnya, pada tahun 1994 hal ini dengan dirilisnya konsol buatan Sega yaitu Sega Saturn. pada era ini, prosessor 32-bit mulai diperkenalkan ke publik. Sony juga mulai meluncurkan Playstation (PS) pertama yaitu PS One dengan salah satu game nya Driver. sedangkan nitendo meluncurkan nitendo 64 dengan game besutannya adalah Super Mario 64. selanjutnya pada 1988 nitendo meluncurkan Nitendo GameCube. Namun, konsol ini tidak dilanjutkan lagi produksinya pada tahun 2007. nah pada saat itu PS sudah memasuki generasi kedua hingga akhirnya tidak diproduksi pada tahun 2013. Sega Dreamcast juga dibuat oleh sega pada tahun 2001. saat itu pun microsoft berikut campur dengan dunia game hingga meluncurkan Xbox generasi pertama pada tahun 2001. generasi ini juga dikenal sebagai generasi 128-bit. dan pada saat ini sudah bermunculan banyak atau sudah terjadi update pada konsol - konsol game sebelumnya. contoh : PS Four, Xbox 360, Nitendo Wii U. 



Hal - Hal apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan Game
Game juga merupakan salah satu aplikasi yang sangat berkembang pesat didunia, perubahan dan juga selera dari si - pengguna sangat mempengaruhi programmer untuk bekerja lebih keras serta menampilkan jenis game yang terbaru dan disukai oleh pasaran, salah satu yang membuat game itu sempurna adalah dengan mengetahui tahap - tahap apa saja yang dibutuhkan untuk membuat game yaitu : 

A. Menentukan Spesifikasi Game
misalnya dengan menentukan game yang akan dibuat 2D atau 3D lalu, beberapa rentan usia yang ditargetkan dalam game yang akan dibuat. lalau tentukan juga berdasarkan settingannya, bagaimana strategi yang anda akan gunakan.

B. Menentukan Alur Game
dalam pembuatan game diperlukan penentuan jalan cerita dari game yang akan kita buat, contohnya dengan seperti penentuan di berbagai level (pasti disetiap level terdapat jalan cerita yang ketika levelnya semakin tinggi maka tingkat kesulitannya pun semakin tinggi pula). lain halnya ketika kita membuat game yang berbasi animasi/film - film seperti : Harry Potter, Spiderman, Tintin of the Adventures. hal - hal yang animasi/film-film adalah dimana tempatnya, bagaimana cara mengalahkannya, beberapa musuhnya, dll. 

C. Mencari Bahan - Bahan yang dibutuhkan
bahan-bahan yang digunakan yaitu gambar-gambar, edek-efek dan juga musik atau backsound

D. Implementasi Program
disini lah inti dari pembuatan game, yaitu dari kodingan atau mengimplementasi ke dalam program. pada tahap ini dibutuhkan pemahaman dan juga pengetahuan tentang bahasa pemrograman tersbeut.

E. Mencoba dan Perbaikan Program
ini adalah tahap akhir dalam pembuatan game. dari semua perjalanan pembuatan game yaitu pengecekan program pada aplikasi game yang anda buat. dalam tahap ini pengecekan yang dilakukan sebaiknya dilakukan oleh orang lain, agar kita dapat mengetahui pendapat orang lain. banyak aplikasi untuk membuat game yang bisa di gunakan siapapun bukan hanya untuk yang ahli programming game tapi kita juga bisa membuat game kita sendiri. 

Berdasarkan jenis atau alat yang digunakan yaitu : 
- Arcade Games
- PC games
- Console games 
- handheld games
- mobile games


Jenis Jenis Game yang ada sejak dulu hingga saat ini :

1. Shooter
yaitu  jenis game yang dimainkan menggunakan sebuah senjata, biasanya pistol, senapan atau senjata lainnya yang digunakan oleh karakter game tersebut. video game jenis ini sangat memerlukan kecepatan refleks, koordinasi mata-tangan, juga timing. jenis nya : 
- FPS (First Person Shooting) sepetrti Counter Strike, Call of Duty
- Drive and Shoot seperti Spy Hunter, Rock and Roll Racing, Road Rash.
- Shoot em'up seperti raiden, 1942 dan gradius
- Beat em'up seperti Shinobi dan Legend of Kage
- light gun shooting seperti Virtua Cop dan Time Crisis, pada saat ini jenis game seperti ini sudah jarang diminati

2. Fighting
jenis ini memanga memerlukan kecepatan refleks dan koordinasi mata-tangan, tetapi inti dari game ini adalah penguasaan jurus pada game tersebut dan mahir menggunakan karakter yang ada di game tersebut. pengenalan karakter dan timing sangat penting pada game tersebut. contoh game fighting di antaranya : Street Fighter, Tekken, Mortal Kombat, Soul Calibur dan King of Fighter. 

3. Aksi 
memasuki gua bawah tanah, melompati bebatuan di antara lahar, bergelayutan dari pohon satu ke pohon lainnya, bergulat denga hewan buas sambil mencari sebuah kunci untuk memasuki sebuah pintu. itulah beberapa dari banyak hal yang karakter pemain harus lakukan dan lalui dalam video game jenis ini. menurut penulis, game jenis ini sudah berkembang jauh hingga menjadi genre campuran action beat-em up juga. contoh dari game ini yaitu : Tomb Raider, Grand Theft Auto, dan Prince of Persia. 

4. Petualangan
berbeda dengan game jenis aksi, refleks dan kelihaian pemain dalam bergerak, berlari, melompat hingga memecut atau menembak tidak diperlukan disini. video game ini murni petualangan lebih menekankan pada jalan cerita dan kempauan berpikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki maupun menyimpulkan rangkaian peristiwa dan percakapan karakter hingga penggunaan benda-benda tepat pada tempat yang tepat. berikut jenis dan contoh contohnya : 
- petualangan dengan teks atau sistem tunjuk dan klik contoh : King Quest, Space Quest, Heroes Quest
- novel atau film interaktif, seperti game "dating" yang banyak beredar di jepang contoh Dragons Lair, Night Trap

5. Simulasi, Kontruksi dan manajemen
video game jenis ini seringkali menggambarkan dunia didalamnya sedekat mungkin dengan dunia nyata dan memperhatikan dengan detil berbagai faktor. dari mencari jodoh pekerjaan membangun rumah, gedung hingga kota, mengatur pajak dan dana kota hingga keputusan memecat atau menambah karyawan. dunia kehidupan rumah tangga sampai bisnis membangun konglomerasi dan jualan limun pinggir jalan hingga membangun laboratorium cloning. pemain game ini harus berfikir untuk mendirikan, membangun dan mengatasi masalah dengan menggunakan dana yang terbatas dan di cari sendiri. contoh : Sim City, The Sims, Tamagotchi

6. Role Playing
video games jenis ini sesuai dengan terjemahannya, bermain peran, memiliki penekanan pada tokoh/peran perwakilan pemain di dalam permainan, yang biasanya adalah tokoh utamanya, dimana seiring kita memainkannya, karakter tersebut dapat berubah dan berkembang ke arah yang di inginkan pemain ( biasanya menjadi semakin hebat, semakin kuat, semakin berpengaruh) game ini sering disebut juga RPG. karakter game ini dibuat pemain sebagai mana mestinya semakin sering pemain bermain game ini maka karakternya semakin kuat. contoh nya Rising Force Online, Ultima, Dragonnest, Elder Scroll, Fallout. 

7. Strategi
kebalikan dari video game jenis action yang beralan cepat dan perlu refleks secara kilat video game jenis strategi, layaknya bermain catur, justru lebih memerlukan keahlian berpikir dan memutuskan setiap gerkan secara hati hati dan terencana. pemain game strategi melihat dari sudut pandang lebih meluas dan lebih kedepan dengan waktu permainan yang biasanya berkisar sekitar-an, game ini terbagi atas : 

- Real Time Strategy,  game berjalan dengan waktu nyata seperti kita dan serentak antara semua pihak dan pemain harus memutuskan setiap langkah yang diambil saat itu juga berbarengan mungkin saat itu pihak lawan juga sedang mengeksekusi strateginya. contoh : Starcraft, Warcraft dan Command and Conquer. 

- Turn based Strategy, game yang berjalan secara bergiliran, saat kita mengambil keputusan dan menggerakan pasukan, saati itu pihak lawan menunggu, begitu pula seblaiknya. contoh ; Front MissioN, Final Fantasy

8. Puzzle
video game jenis ini sesuai namanya berintikan mengenai pemecahan teka-teki, baik itu menyusun balok, menyamakan warna bola, meemcahkan perhitungan matematika, melewati labirin, sampai mendorong - dorong kotak masuk tempat yang seharusnya. sering pula permainan dalam video game lainnya seperti petualangan maupun game edukasi. contoh ; tetris, Minesweeper, bejeweled, sokoban dan bomberman

9. Simulasi Kendaraan
video game jenisi ini memberikan pengalaman atau interaktifitas sedekat mungkin dengan kendaraan aslinya, meskipun terkadang kendaraan tersebut masih eksperimen atau bahkan fiktif, tapi ada penekanan khusus pada detil dan pengalaman realistik menggunakan kendaraan tersebut. terbagi menjadi beberapa jenis, seperti : 

- Perang, video game simulasi kendaraan yagn sempat tenar di tahun 90-an ini mengajak pemain untuk menaiki kendaraan dan berperang melawan kendaraan lainnya. contoh : Apache 64, Comanche, Abrams, YF-23. 
- Balapan, jenis game ini dimana seorang pemain bermain hingga garis finish akhir. terkadang malah pemain dapat memilih kendaraan, mendandani, upgrade mesin bahkan mengecatnya. contoh : need for speed, underground, mario cart, daytona, grand turismo.
- luar angkasa, walau masih dapat dikategorikan simulasi kendaraan perang, tetapi segala unsur fiksi ilmiah dan banyaknya judul yang beredar membuat subgenre ini pantas dikategorikan diluar simulasi kendaraan perang, jenis ini memungkinkan pemain untuk menjelajah luar angkasa, berperang dengan mahluk alien. mendarat di planet antah berantah yang memiliki musuh. contohnya : Wing Commander, Star Wars x-wing.  
- mecha, subgenre simulasi mecha ini memungkinkan pemainnya untuk mengendalikan robot dan menggunakannya untuk menghancurkan gedung, helikopter dan tentu saja robot lainnya. contoh : Gundam, Armored Core, Mechwarrior. 


10. Olahraga ( Sport )
jenis game bermain tentang olahraga di PC atau konsol. biasanya permainannya diusahakan serealistik mungkin walau kadang ada yang menambah unsur fiksi seperti NBA JAM. contoh nya : Pro Evolutin Soccer, FIFA, Winning Eleven, Tony Hawk pro skater dll. 



Software - Software pembuat game
game engine adalah suatu software yang digunakan untuk membuat game. fungsi utama dari game engine adalah sebagai renderer grafik 2D atau 3D, physic engine, pengatur audio, scripting, animasi game, AI (Artifical Intelligence, networking, streaming, pengaturan memori, localization support, dan pengaturan grafik. satu game engine bisa untuk membuat berbagai tipe game, dan bisa memudahkan "port" games ke console lain.

1. Cry Engine
Cry engine adalah salah satu game engine yang dikeluarkan oleh German, Crytek. game engine ini juga sempat menghebohkan dunia game pada tahun 2004. beberapa contoh nya crysis, far cry, Alion : tower of eternity.berikut gambaran software Cry Engine : 




2. Anvil Engine 
Salah satu developer dari game yang mengeluarkan game Assasin's Creed. nah dengan menggunakan game engine ini juga dengan ubisoft berhasil membuat game tersebut. ubisoft menjanjikan kita sebuah game dengan pencahayaan bervolume, lebih banyak interaksi interaktif dengan lingkungan, sistem musim dan cuaca, dan AI yang cerdas dalam Anvil Engine 2.0 berikut contoh hasil game dari anvil engine :


3. Unreal Engine
Sejak 1998, GE keluaran Epic games pertama digunakan untuk game unreal, dan dilanjutkan oleh game bernuansa Stealth Deus Ex (2000). generasi pertama game engine ini menunjukkan dunia yang gelap dan kelam. beruntunglah kita para PCGamer, karena dapat merasakan game - game dari Unreal Engine dengan Framerate yang lebih stabil dibandingkan di console. tetapi, Unreal Engine 3 mengalami revolusi yang membuatnya menjadi GE yang menghasilkan Framerate stabil, Kualitas Grafis yang mantap, Dynamic Shadows, HDRR (High Dynamic Range Rendering), contoh game yang dibuat dengan software ini adalah homefront, GRAW, BATMAN Arkham City dan lain lain. berikut tampilan dari Unreal Engine : 



4. IW Engine 
Semua pasti kenal dengan game Call of Duty ? game ini dibuat dengan software yang bernama IW Engine atau yang biasa disebut Infinity Wizard Engine, walaupun Call Of Duty yang pertama dibuat dengan ID Tech Engine, developer membuat sebuah GE tanpa nama resmi ini, yang diadaptasi dari ID Tech 3. kelebihan utama GE ini adalah animasi dan pencahayaan yang fenomenal, juga dengan AI kompleks yang cerdas. berikut tampilan game yang dibuat oleh IW Engine : 



5. Frosbite Engine
Bisa dibilang game engine ini dalah saingan IW Engine, karena grafik yang tampilkan dalam Engine ini sangatlah dahsyat. contoh game yang dibuat dengan engine ini sendiri Battlefield 3, need for speed the run, dll. namun game egine ini tidak mendukung dengan DX 9, dan juga windows XP. tetapi dapat dimaklumi, karena engine ini menggunakan DX 11 secara maksimal, sayapun dibuat kagum akan grafik dahsyat yang ditampilkan dari awal Battlefield 3 dimulai. contohnya : 


6. Avalance Engine
Game utama dari GE ini adalah Just Cause 2. pertama kali memainkan Just Cause 2, kita akan disuguhi sebuah pulau tropis bernama Panau yang sangat luas, dan berbagai jenis kendaraan yang bisa kita kendarai ( helikopter, pesawat jet, parasut, morot, perahu boot). efek ledakan yang dihasilkan oleh GE ini juga memukau, dengan grafis yang cukup bagus, motion bluring yang smooth, dan AI yang cerdas. Engine game ini lebih mengutamakan game aksi yang penuh ledakan, tembakan, dan kendaraan-kendaraan unik yang dapat kita kendarai. sayangnya generasi kedua dari engine ini tidak support dengan DX 9 dan Windows XP. contohnya :



7. ID Tech Engine
Engine ini adalah kakek dari segala game bergenre FPS, sebenernya, GE ini dibuat untuk game HoverTank 3d. lalu berlanjut menghasilkan game FPS pertama Catacomb 3d, tapi karena kurang terkenal, dibuatlah Wolfenstein 3D. id Tech juga menghasilkan game-game FPS Old School Quake series dan Doom series, dengan engine yang telah dimodifikasi. GE ini memiliki 5 generasi, dengan adanya FPS hebat hasil GE ini di setiap jamannya. keunggulan game engine ini adalah bisa membuat MegaTexture yaitu texture game yang bisa mencapai resolusi 128.000 x 128.000 pixel ! Dan juga dunia dinamis dengan Terrain Editor yang sederhana tetapi kompleks. Keunggulan lain adalah Soft-Edged Shadows, HDDR, dan beberapa fitur standar Game Engine. 



8.Creation Engine
Creation Engine memang dibuat khusus untuk Skyrim, karena keunggulan utamanya yaitu Random Dungeon membuat kita tidak bosan menjelajahi semua Dungeon di Skyrim, mencari-cari senjata dewa maupun menyelesaikan quest, Radiant AI. yang bisa membuat semua NPC memiliki sifat unik. Dynamic Lightning, Draw Distance Render yang jaaaaauuh, membuat kita bisas menikmati luasnya Skyrim dan kemampuan untuk membuat Flora yang detail, grafik yang dihasilkan juga istimewa.




9. Rage Engine
Bukan Engine game RAGE lho, melainkan RAGE (Rockstar Advanced Game Engine), dibuat Rockstar San Diego tahun 2004, dan dimulai dari game Bully. Pembuatan game-game dengan Engine ini dibantu dengan Euphoria, yang membuat animasi tokoh semakin realistis. Euphoria ini juga yang merupakan software 3d utama untuk membuat Sequel game Max Payne 3. Keunggulan dari GE ini adalah kemungkinan memuat game open-world tanpa loading (seperti GTA IV, yang memungkinkan kita memasuki kios-kios burger tanpa loading) yang sangat luas, AI yang kompleks, Draw Distance Render yang cukup jauh, juga sirkulasi Cuaca yang realistis. 



10. HPL Engine
Nama game engine ini adalah inisial dari orang tersebut. Dari penjelasan singkat barusan, bisa ditebak bahwa game-game hasil dari GE ini adalah game horror. Game Engine ini dibuat oleh developer Indie Frictional Games, yang menghususkan dalam pembuatan First Person Survival Horror. HPL adalah GE cross-platform (PC, Mac, Linux) yang kompatibel dengan OpenGL, OpenAL, dan Newton Game Dynamics. Fitur utama Game Engine ini  adalah interaksi objek yang sangat detail dengan penggunaan mouse dan keyboard. Dengan kata lain, game-game hasil dari GE ini memiliki physics yang detail. Keistimewaan lainnya adalah GE ini mendukung SSAO (Screen Space Ambient Occlusion) dan Deferred Shading. Walaupun keistimewaannya tidak terlalu banyak, spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk menjalankan game-game hasil GE ini cukup tinggi (tergantung resolusi layar). Kelemahannya yang cukup fatal tersebut bisa dan harus dimaklumi, karena pembuat HPL Engine generasi pertama kurang dari 10 orang ! Dan pembuat HPL Engine 2 kurang dari 20 ! Dengan angka sesedikit itu, dan bisa membuat game engine yang menghasilkan game epik Amnesia The Dark Descent, para pembuat GE ini patut diacungi jempol. 





Kesimpulan : Jadi dizaman yang canggih ini dunia game sudah sangat berkembang pesat. bahkan sekarang seorang gamers sudah banyak yang membuat game nya sendiri dan dijual dibeberapa perusahaan besar game yang ada di dunia. oleh karna itu kita bisa saja membuat game yang bergenre apa saja dan didukung oleh software pembuat game yang sudah ada saat ini. 

Sumber : 





0 komentar: