TUGAS 2 - Cloud Computing

Nama  : Amil Bayu Prayoga
Kelas  : 4ia24
NPM   : 50412709

1. XCloud - perusahaan provider yang menggunakan cloud computing 

XL sebagai operator penyedia jasa telekomunikasi yang kita pasti mengenalnya menjadi XL AXIATA. dengan menyediakan beragam layanan dengan berbasis teknologi jaringan GSM. komitmen XL untuk terus memberikan kualitas layanan yang handal dan tepat guna akan kebutuhan pelanggan dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan. 

apa yang kalian ketahui tentang komputasi awan / colud computing ?
cloud computing / komputasi awan yaitu sebuah cara baru untuk memindahkan layanan yang digunakan sehari-hari ke internet. serta mempermudah anda dalam mengatur dan berbagi sumber daya teknologi informasi (TI) baik dari sisi perangkat keras, perangkat lunak, infrastruktur as a service, platform as a service dan software as a services. 

Layanan
Di zaman moder ini, XL dalam pengembangan teknologi komputasi awan ini menawarkan 3 jenis service cloud computing kepada anda. berikut penjelasannya : 

- Infrastruktur as a Services (IaaS)
yaitu sebuah servis dari komputasi awan dimana anda dapat menggunakan infrastruktur IT dalam virtual atau melalui internet, seperti komputer, server, storage/lainnya. anda bisa definisikan seberapa besar atau spesifikasi dari infrastruktur IT yang anda inginkan. sebagai contoh adalah anda menyewa komputer virtual, dimana anda akan bisa menggunakannya sesuai kebutuhan anda.
- Platform as a Services (PaaS)
yaitu servis dari cloud computing awan dimana anda dapat mendapatkan sebuah platform berikut sistem operas, network, database engine, framework aplikasi, dll. begitupun anda juga dapat menjalanlan aplikasi yang anda buat di platform tersebut. tidak perlu bingung untuk menyiapkan platform dan memelihara platform karena service platform ini menjadi tanggung jawab dari penyedia layanan. 
- Software as a Services (SaaS)
yaitu sebuah service dari cloud computing dimana anda dapat menggunakan software yang telah disediakan melalui internet. dalam perkembangan teknologi cloud computing ini, software yang dulu hanya bisa digunakan dengan melakukan instalasi pada komputer anda sekarang bisa menggunakannya melalui internet. 

Produk

1. XCloud Server
    fasilitas yang disediakan : 
 - pilih jenis server maupun kapasitas sesuai kebutuhan anda
 - server anda siap hanya dalam hitungan menit
 - virtualisasi dengan menggunakan teknologi VMware 
 - akses online untuk pengaturan dan open API
 - koneksi network dengan high availability ke tier-1 bakbone internet global

2. XCloud Storage
    fasilitas yang disediakan : 
  - storage dengan performa tinggi dan rendudan yang dapat diakses secara online via SAN
  - kapasitas dapat disesuaikan dengan cepat dan mudah
  - dapat menyimpan file dari berukuran kecil sampai 5GB
  - koneksi network dengan high availability ke tier-1 bakbone internet global

3. Free 2GB
    xcloud menyediakan layanan terbaru bagi pelanggan XL yang menggunakan smartphone
    android untuk menyimpan data di cloud storage dengan sangat mudah, seperti : 
 - Upload / download
 - Synchronize
 - Organize
 - Share and Publish

keuntungan
bagi anda yang menggunakan teknologi cloud computing dalam kegiatan atau aktifitas anda akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut : 
 - kemudahan dalam akses : dapat diakses 7x24 jam dimana pun dan kapanpun anda butuh
 - hemat biaya dalam hal berikut : 
   1. mengurangi biaya infrastruktur kebutuhan komputer
   2. pengurangan biaya listrik
   3. tidak perlu untuk membeli software
 - mudah dikembangkan : customer bisa dengan mudah menaikkan atau menurunkan
   resource yang dipakai. 

sumber : xcloud.xl.co.id 



2. LMD (Lintas Media Danawa)
PT.Lintas Media Danawa adalah anak perusahaan Lintasarta, meluncurkan Cozy (www.cozy.co.id), layanan on demand cloud service pertama di Indonesia. Menurut Arief R. Yulianto, Direktur Utama LMD, layanan ini memberikan fleksibilitas biaya yang menarik bagi pelanggan, karena pelanggan hanya membayar sesuai pemakaian (pay as you go)


Layanan berbasis on demand ini juga sangat cocok bagi perusahaan yang butuh kapasitas besar pada saat-saat tertentu saja. Misalnya pada akhir bulan, di mana dibutuhkan banyak pemrosesan data. Pelanggan tinggal melakukan permintaan tambahan kapasitas secara online, dan dalam hitungan menit alokasi resource sudah siap untuk dipakai.

Selain itu dalam mengelola layanan cloud ini, LMD bekerja sama dengan Hexagrid (www.hexagrid.com), perusahaan asal Amerika, sebagai penyedia platform dan telah digunakan di banyak negara. VxDatacenter, platform dari Hexagrid ini, adalah layanan manajemen cloud yang terintegrasi (unified solution), yang mencakup virtualisasi, otomasi operasi, high availability, data motion, security, billing integration dan dilengkapi dengan panel dashboard yang sangat informatif bagi pelanggan.

"Kami sangat antusias mendukung LMD memberikan layanan on demand cloud di Indonesia," kata Suresh Mandava, CEO dan founder dari Hexagrid. "Hubungan kami sangat intensif dalam rangka mengembangkan solusi cloud yang cocok buat pasar Indonesia dan kami yakin dengan pengalaman yang dimiliki LMD serta dikombinasikan dg platform kami, Cozy dapat menjadi layanan on-demand cloud terkemuka di Indonesia," sambungnya.

LMD bawa teknologi cloud hexagrid ke indonesia
LMD ini adalah perusahaan ICT terkemuka di indonesia saat ini yang membawa teknologi cloud computing ke indonesia. 

Untuk layanan on demand cloud computing, tarifnya Rp 1.000 per jam per 1 GB. Untuk private cloud computing, penggunanya lebih banyak perusahaan.
Sementara itu CEO dan Founder Hexagrid Suresh Mandava, serta CFO & VP Strategic Development Joseph Seibel CFA menambahkan, perusahaan Hexagrid membawa teknologi ini dari Amerika ke pasar Indonesia. Dengan tekonologi cloud computing, pihaknya menyediakan layanan bagi perusahaan yang membutuhkan server untuk web, mail, aplikasi lainnya. Saat ini Hexagrid memiliki 28 klien mitra di seluruh dunia dan lebih dari 200 end-user.

Menurut Joseph, prospek bisnis cloud computing itu sangat besar. Ia melihat potensi pendapatan hingga 2 miliar dollar AS untuk pasar cloud computing di Indonesia. Sedangkan untuk pasar global, potensi pendapatan mencapai 152 miliar dollar AS.
Penghematan yang diperoleh jika menggunakan cloud computing adalah rak yang dipakai untuk server cukup dua rak, sedangkan jika tidak menggunakan teknologi cloud computing, perusahaan butuh lebih 10 rak.
Selain itu, dari sisi biaya, jauh lebih murah. Perusahaan yang belum menggunakan teknologi ini harus membayar 2.000 dollar AS per bulan untuk sewa server, sedangkan yang memanfaatkan teknologi ini cukup membayar 40 dollar AS tergantung skalanya.

Untuk sekarang LMD meluncurkan layanan Software as a Service (SaaS) berbasis cloud. Menggandeng Netsuite Inc, LMD menawarkan aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) dan CRM (Customer Relationship Manager).
Dengan konsep SaaS ini, LMD memberikan layanan berbasis pemakian (pay as you go). Hal ini memungkinkan bagi pelanggan untuk tidak perlu lagi berinvestasi hardware, tidak perlu membayar lisensi OS, lisensi database, lisensi aplikasi, atau lisensi add-on lainnya. Dengan demikian pelanggan bisa menghemat biaya pengoperasian aplikasi ERP hingga 50%. LMD memilih menggandeng Netsuite sebagai penyedia aplikasi dengan pertimbangan bahwa Netsuite merupakan penyedia layanan business suite (CRM, ERP, dan e-commerce) berbasis SaaS pertama dan terbesar di dunia. “Netsuite adalah the fastest growing ERP solution di dunia menurut IDC dan Gartner. Jumlah pelanggan Netsuite mencapai lebih dari 7 ribu perusahaan

sumber : 
http://www.lintasmediadanawa.com/news/on-demand-cloud-service-pertama-di-indonesia
http://www.lintasmediadanawa.com/news/lmd-bawa-teknologi-cloud-hexagrid-ke-indonesia
http://www.lintasmediadanawa.com/news/lmd-makin-serius-di-bisnis-cloud-computing



  

0 komentar: