Tugas 1 ( Pengantar Bisnis Informatika ) E-commerce dan E-Business

Nama          : Amil Bayu Prayoga 
Kelas           : 4ia24
NPM            : 50412709
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika



E-COMMERCE & E-BUSINESS



Pengertian E-commerce
Definisi e-commerce menurut Laudon & Laudon (1998), adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer atau media elektronik sebagai perantara transaksi bisnis. e-commerce atau yang biasa disebut juga dengan ecom atau emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronics bulletin boards, mesin faks, social media dan lain-lainnya, yang berkenan dengan transaksi - transaksi belanja di internet shopping.

Jenis-jenis E-commerce
Kegiatan e-commerce mencakup banyak hal, untuk membedakannya e-commerce dibedakan menjadi 2 berdasarkan karakteristiknya : 

1. Business to business, karakteristiknya : 
  - trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin
    hubungan yang berlangsung cukup lama.
  - pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang
    telah disepakati bersama.
  - salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data. 
  - model yang umum digunakan adalah peer to peer, dimana processing inteligence dapat
    didistribusikan di kedua pelaku bisnis.

2. Business to consumer, karakteristiknya :
  - terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan secara umum pula.
  - servis yang digunakan juga bersifat umum, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak
    bahkan yang belum paham tentang jual beli online.
  - servis yang digunakan berdasarkan permintaan. 
  - sering dilakukan sistem pendekatan client-server 

Tujuan dan Manfaat menggunakan E-commerce dalam Dunia Bisnis.
> tujuannya suatu perusahaan menggunakan sistim e-commerce adalah dengan
   menggunakan e-commerce maka perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam
   meningkatkan keuntungannya serta kita jadi lebih tahu apa yang diinginkan konsumen
   terhadap produk-produk yang saat ini sedang trendy.

> Manfaat menggunakan e-commerce dalam suatu perusahaan sebagai sistem transaksi : 
   
A. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar)
     transaksi online yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan
     membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas
     ruang, jarak dan waktu.
B. Menurunkan biaya operasional (operating cost)
     transaksi e-commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram 
     di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan,
     dan lain-lain tidak perlu terjadi. 
C. Melebarkan jangkauan (globar reach)
     transaksi online yang dapat di akses semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan
     waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media
     perantara komputer. 
D. Meningkatkan customer loyality
     ini disebabkan karena sistem transaksi e-commerce menyediakan informasi secara
     lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal
     pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri
     produk yang dia inginkan. 
E. Meningkatkan supply management
     transaksi e-commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan
     terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk
     lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management
     yang baik harus ditingkatkan. 
F. Mempermendek waktu produksi
    pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor dimana
    dan dalam pemesanan bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan
    barang dapat memesannya setiap waktu karena online serta akan lebih cepat dan teratur
    karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer. 


Ancaman atau dampak negatif dari E-commerce
kemungkinan-kemungkinan munculnya kejadian yang dapat membahayakan asset-asset yang berharga, ada beberapa bentuk ancaman yang terjadi : 
- System Penetration
  orang-orang yang tidak berhak melakukan akses ke sistem komputer dapat dan
  diperbolehkan melakukan segala sesuatu sesuai dengan keinginannya.
- Authorization Violation 
  pelanggaran atau penyalahgunaan wewenang legal yang dimiliki seseorang yang berhak
  mengakses sebuah sistem. 
- Planting
  memasukkan sesuatu ke dalam sebuah sistem yang dianggap legal tapi belum tentu legal
  di masa depan atau masa yang akan datang. 
- Communication Monitoring 
  seseorang dapat memantau semua informasi rahasia dengan melakukan monitoring
  komunikasi sederhana di sebuah tempat pada jaringan komunikasi. 
- Communication Tampering
  segala hal yang membahayakan kerahasiaan informasi seseorang tanpa melakukan
  penetrasi, seperti mengubah informasi transaksi di tengah jalan atau membuat sistem
  server palsu yang dapat menipu banyak orang untuk memberikan informasi rahasia
  mereka secara sukarela. 
- Denial of service 
  menghalangi seseorang dalam mengakses informasi, sumber dan fasilitas- fasilitas
  lainnya.
- Repudiation 
  penolakan terhadap sebuah aktivitas transaksi atau sebuah komunikasi baik secara
  sengaja atau tidak disengaja. 


Pengertian E-Business
E-business adalah kegiatan transaksi, jual beli, bisnis yang dilakukan secara otomatis melalui kegiatan elektronik/internet, dan juga perusahaan dapat berhubungan langsung dengan customernya, rekan bisnis ataupun supplier, e-business juga bisa berupa iklan, mengajak seseorang untuk membeli produk kita. tanpa e-business, e-commerce hanyalah burung tanpa sayap. salah satu fungsi nya adalah untuk mensupport bagian dari marketing, produksi, accounting finance dan HRM. lebih tepatnya perusahaan memakai teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan.

Perbedaan antara e-commerce dengan e-business secara ringkas adalah :
1. e-business lebih luas dalam lingkup sedangkan e-commerce hanya merupakan satu
    aspek atau satu bagian dari e-business.
2. e-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual barang dan
    jasa melalui internet.
3. e-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-
    business, transaksi uang tidak diperlukan.
4. e-business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen,
    dan lain-lain.

Tahapan E-business 
ada empat tahap pemanfaatan jaringan komputer dan internet untuk tujuan e-business, dimana terjadi transformasi perusahaan tradisional ke e-business, sebagai berikut :
1. Mendayagunakan komputer
2. Mendayagunakan jaringan dan internet (seperti email, chat messanger, IRC, socmed, dll)
3. Membangun dan mendayagunakan web
4. E-commerce 

E-business dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu :

> Customer Relationship Management (CRM)
   strategi bisnis ini dari layanan dan software yang di design untuk meningkatkan
   keuntungan, pendapatan dan kepuasan pelanggan.
> Enterprise Resource Planning (ERP)
   strategi bisnis dari sistem informasi perusahaan yang digunakan untuk koordinasi sumber
   daya, informasi yang digunakan untuk proses bisnis.
> Enterprise Application Programs (EAI) 
   strategi bisnis konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan
   saling bertukar data.
> Supply Chain Management (SCM) 
   strategi manajemen rantai suplai yang secara otomatis terkomputerisasi. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian e-commerce dan e-business apabila tidak dipahami terlebih dahulu akan membuat pembahasan tadi atau tentang yang berkaitan dengan hal tersebut menjadi tidak sistematis. hal ini disebabkan kebingungan dalam menentukan istilah yang paling cocok untuk mewakili konsep perdagangan dengan sarana elektronik. 

Perbedaan yang mendasar diatas adalah bahwa tujuan e-commerce berorientasi pada bagaimana memperoleh keuntungan, sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang dan sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen. pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis dan penanganan masalah sosial lainnya. selain dari perbedaan yang dimiliki oleh keduanya, ternyata keduanya juga memiliki persamaan tujuan yaitu memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya. 

Referensi
http://study-ebusiness.blogspot.co.id/2012/09/pengertian-e-business.html
http://jurnal-sdm.blogspot.co.id/2009/08/e-commerse-definisi-jenis-tujuan.html
http://www.blog.jtc-indonesia.com/2010/05/perbedaan-antara-e-commerce-dengan-e.html
http://octianaeni.blogspot.co.id/2013/10/definisi-e-business-dan-perbedaannya.html





0 komentar: