A. Pengertian ISD
Berdasar sumber filsafat yang
dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi tiga,
yaitu:
Natural Sciences (Ilmu-Ilmu
Alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
Sosial Sciences (Ilmu-Ilmu
Sosial), terdiri dari: Sosiologi, Ekonomi, Politk Antropologi, Sejarah,
Psikologi, Geografi, dan lain-lain.
Humanities (Ilmu-Ilmu Budaya)
meliputi: Bahasa, Agama, Kesastraan, Kesenian, dan lain-lain.
Mengikuti pembagian ilmu
pengetahuan seperti tersebut, maka ISD dan IBD adalah pengetahuan yang
dikembangkan sebagai usaha pendidikan.
Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu
pengetahuan yang menelaah masalah–masalah/gejala sosial yang timbul dan
berkembang di lingkungan sekitar kita, dengan menggunakan pengertian - pengertian
(fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian
dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti : sejarah, ekonomi, geografi sosial,
sosiologi, antropologi, psikologi sosial.
Ilmu Sosial Dasar membicarakan
hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Hubungan ini dapat
diwujudkan kenyataan sosial, dan kenyataan sosial inilah yang menjadi titik
perhatiannya. Dengan Demikian Ilmu Sosial Dasar memberikan pengetahuan umum dan
pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi
gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran kita dalam
menghadapi lingkungan sosial. Ilmu sosial bukanlah suatu bidang keahlian
ilmu-ilmu sosial tertentu, seperti politik, antropologi dan sebagainya, tetapi
menggunakan pengertian-pengertian berasal dari berbagai bidang ilmu sosial
seperti ilmu politik, sosiologi, sejarah dan sebagainya.
Ilmu sosial dasar merupakan usaha
yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang
konsep-konsep yang dikembangkan untuk menkaji gejala-gejala sosial agar daya
tanggap, persepsi , dan penalaran mahaiswa dalam menghadapi lingkungan sosialna
dapat ditingkatkan sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkugnan sosialnya dapaat
menjadi lebih besar.
B. Tujuan ISD
Memahami dan menyadari
adanya kenyataan–kenyataan sosial dan masalah–masalah sosial yang ada dalam
lingkungan masyarakat.
Peka terhadap masalah-masalah
sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
Menyadari bahwa setiap masalah
sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat
mendekatinya, mempelajarinya secara kritis-interdisipliner.
Memahami jalan pikiran para ahli
dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam
rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
Ilmu sosial dasar adalah salah
satu mata kuliah dasar umum yang merupakan matakuliah wajib yang diberikan di
perguruan tinggi negeri maupun swasta. Tujuan diberikannya mata kuliah ini adalah
semata-mata sebagai salah satu usaha yang diharapkan dapat memberikan bekal
kepada mahasiswa untuk dapat peduli terhadap masalah – masalah sosial yang
terjadi dilingkungan dan dapat memecahkan permasalahan tersebut dengan
menggunakan pendekatan ilmu sosial dasar. Serta bertujuan membantu kepekaan
wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran
yang lebih luas, dan cirri-cri kepribadian yang diharapkan dari setiap anggota
golongan terpelajar Indonesia, khususnya berkenaan dengan sikap an tingkah laku
manusia dalam menghadapi manusia-manusia lainnya, serta sikap dan tingkah laku
manusia dalam menghadapi manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan.
C. Study Kasus
PEMULIHAN Candi Borobudur
pascaerupsi Gunung Merapi 2010 membutuhkan waktu dua hingga tiga tahun. Hal ini
diungkapkan Direktur Sejarah dan Purbakala Kementerian Kebudayaan dan
Pariwisata Yunus Satrio Atmojo.
"Pemulihan tersebut meliputi
revitalisasi lingkungan dan sosial ekonomi masyarakat sekitar," katanya
seusai penanaman pohon untuk menyelamatkan situs warisan dunia Borobudur di
pelataran Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (17/2).http://www.mediaindonesia.com/mediatravelista/index.php/read/2011/02/18/2181/1/Pemulihan-Candi-Borobudur-Butuh-Waktu-Tiga-Tahun
D. Opini
Study kasus diatas (lebih
tepatnya artikel) yang saya ambil dari sebuah situs, mewakili isi dari tulisan
ini. Artikel tersebut terdapat unsur 3 ilmu pengetahuan, yaitu: Natural
Sciences (Ilmu-Ilmu Alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan
lain-lain; Sosial Sciences (Ilmu-Ilmu Sosial), terdiri dari: Sosiologi,
Ekonomi, Politk Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi, dan lain-lain; dan
Humanities (Ilmu-Ilmu Budaya) meliputi: Bahasa, Agama, Kesastraan, Kesenian,
dan lain-lain.
Candi Borobudur adalah Borobudur
adalah candi Budha terbesar di abad ke-9 yang berukuran 123 x 123 meter. Candi
Borobudur selesai dibangun berabad-abad. Siapa tak kenal Candi Borobudur? Candi
Budha ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa Budha di kompleksnya. Jutaan orang
mendamba untuk mengunjungi bangunan yang termasuk dalam World Wonder
Heritages ini. Tak mengherankan, sebab secara arsitektural maupun
fungsinya sebagai tempat ibadah, Borobudur memang memikat hati.
Tapi, Candi Borobudur pascaerupsi
Gunung Merapi 2010 membutuhkan waktu dua hingga tiga tahun. Borobudur harus
dipulihkan kembali dengan bantuan sosial ekonomi masyrakat dan juga lingkungan.
E. Contoh Masalah Sosial
Contohnya adalah masalah kemiskinan yang dapat didefinisikan
sebagai suatu standar tingkat hidup yang rendah, yaitu adanya suatu tingkat
kekurangan materi pada sejumlah atau segolongan orang dibandingkan dengan
standar kehidupan yang umum berlaku di masyarakat yang bersangkutan.
0 komentar: